Senin, 14 Februari 2011

Pintar dan ambisius

Sifat atau sikap selanjutnya adalah Pintar dan Ambisi,
dua hal ini dapat terkait ataupun tidak, artinya mempunyai empat varian yaitu; pintar dan berambisi, pintar tidak berambisi, tidak pintar dan berambisi atau tidak pintar tidak pula berambisi. yang menjadi bahasan tulisan ini adalah sifat berambisinya orang-orang pintar, dimana ini terkadang perlu terkadang pula berbahaya.

orang yang pintar dan berambisi adalah suatu kewajaran, dimana dia butuh pelampiasan atau wahana untuk mewujudkan impian pintarnya yang terlihat dari ambisinya untuk mewujudkan mimpi. sayangnya tidak jarang dari orang berambisi pintar ini yang bisa mengukur kemampuan orang lain, dengan kata lain lebih sering mengukur orang lain dengan bajunya. lebih celaka lagi kalau orang tidak pintar tapi punya ambisi besar.

hal positif dari sikap ini adalah tumbuh banyak kreatifitas dan inovasi, ide-ide baru dan temuan baru selalu bergantian menghiasi hidup manusia, dari ambisi ini hidup manusia terus berbenah dan berkembang, sedang negatifnya tidak jarang ambisi yang diimpikan harus mengorbankan orang lain atau hal lain, sebagai kelinci percobaan, disengaja atau tidak, direncanakan atau tidak.

maka hiduplah dengan ambisi yang sesusai dan tidak berlebihan, bersikap bijaklah meski tidak pintar, karena sikap bijak tidak selalu milik orang pintar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BELAJAR DARI BILL GATE .... dan Gurunya KHAN ...., TENTANG KESUNGGUHAN dan KETULUSAN